Tidak Transparan, Karang Taruna Karawang Didesak Dibubarkan

B==========Karang Taruna

KARAWANG, TV.BERITA.COM – Pengurus Karang Taruna tingkat kecamatan meminta pengurus Karang Taruna Kabupaten Karawang untuk dibubarkan. Sebanyak 24 pengurus kecamatan menilai selama 2 tahun lebih, kepengurusan Karang Taruna Kabupaten dinilai tidak transparan dalam mengelola keuangan organisasi.

“Pengurus kabupaten sudah kehilangan kepercayaan karena tidak adanya tidak komunikasi dari kabupaten ke kecamatan. Bahkan desa dan kelurahan pun sudah berteriak, kami seperti kehilangan induknya. Arah kebijakan organisasi tak jelas. Bersyukur masih ada karang taruna desa/kelurahan yang eksis, meski diakui sebagian sudah banyak yang vakum,” ujar Ade Iwan, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cilamaya Wetan.

Dalam tuntutan tersebut, pengurus kecamatan juga meminta pemerintah Kabupaten Karawang maupun Provinsi Jawa Barat untuk menunda pemberian bantuan bagi Karang Taruna Kabupaten, sebelum pengurus kabupaten mengumumkan penggunaan anggaran kepada para pengurus di tingkat kecamatan.

Hal serupa juga disampaikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Karawang Timur, Wardiman yang mendesak agar Dinas Sosial Kabupaten Karawang memfasilitasi terselenggaranya Temu Karya Luar Biasa yang merupakan forum tertinggi pemilihan ketua karang taruna.

“Mereka (para pengurus kecamatan) yang menghendaki terselenggaranya Temu Karya Luar Biasa telah berkirim surat ke Dinas Sosial dan Wakil Bupati Karawang, namun hingga saat ini belum ada jawaban dari kedua instansi tersebut. Tentunya kami berharap pemerintah segera mengambil sikap demi keberlangsungan organisasi kami,” jelasnya.

“Apalagi karang taruna merupakan organisasi resmi pemerintah yang dipayungi Peraturan Menteri Sosial No 77/2010 tentang karang taruna. Sehingga bila pemerintah tidak menentukan sikap sama saja aparatur negara mengingkari aturan yang dibuat lembaga tertinggi,” timpalnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang H. Marcos menyerahkan persoalan tersebut ke para pengurus karang taruna tingkat kecamatan.

Menurutnya sejak karang taruna kabupaten di bentuk sebagai ketua karang taruna kabupaten Jajang tidak mampu mengakomodir keinginan para pengurus kecamatan. Padahal pengurus kecamatan memiliki hak untuk menentukan arah kebijakan organisasi termasuk pergantian ketua karang taruna yang diusulkan dalam Temu Karya Luar Biasa.(nofyan)

happy wheels

Tinggalkan Balasan

Berita Sebelumnya:
Muhtar Ependy
ME: Saya “Nggak” Korupsi, Ikan Arwana Bisa Bikin Orang Kaya

Close