Tuntaskan Konflik, TNI-Polri Harus Terbuka Pada Pubik

TNI Polri 2

JAKARTA,TVBERITA.COM- Proses pemeriksaan terhadap anggota TNI yang tertembak di Batam harus diselesaikan secara terbuka. Polisi sebagai pelaku penembakan harus membeberkan kepada publik sesungguhnya yang terjadi.

Anggota DPR Komisi III, Irawadi Syamsudin mengatakan, jangan ada upaya menutupi latar belakang persoalan tersebut. “Kedua belah pihak jangan saling mengklaim dan menutup rapat kasus ini dalam mencapai sebuah kesepakan dalam musyawarah mufakat, karena desakan masyarakat yang besar untuk mengetahui apaa yang sebetulnya terjadi,” terangnya di senayan, Jakarta (23/9).

Konflik antara Polisi dan TNI tidak hanya sekali namun berulang-ulang. Akan tetapi, di balik dari kejadian itu, informasinya minim didapatkan masyarakat dan pers tidak bisa melakukan pencarian informasi karena ada ancaman yang mungkin didapatkan.

Dia menyampaikan, bahwa selama ini banyak kejadian yang terjadi antar dua lembaga pertahanan dan pengayom masyarakat. “Sayangnya prosesnya hanya diinfokan kepada publik secara umum saja. Oleh karena itu diperlukan lembaga independensi yang mengusut dan memeriksa penyebab terjadinya saling serang ditubuh intansi tersebut,” tuturnya.

Ia melanjutkan, hal ini tidak boleh dibiarkan dinegoisasi oleh dua intansi terkait tersebut, karena akarnya tidak selesai sehingga kemunculan terjadi lagi akan mungkin terjadi dalam kasus yang berbeda. “Kami mengingikan agar kedua instansi ini memberikan informasi kepada pers dan kalangan umum persoalan yang terjadi agar ada evaluasi bersama akibat tekanan moral dari masyarakat. Ini yang belum terjadi dari sekian banyak kasus antar kedua intansi tersebut bertikai, maka kasusnya akan hening diakhir,” paparnya.

Proses yang dilakukan oleh pihak pengadilan, lanjutnya, malah membiarkan kasus tersebut tanpa bertindak secara tegas. “Diharapkan Kedua instansi harus fair kepada rakyat dan pemeriksaan dilakukan bersama oleh sebuah instansi independen yang dibentuk pemerintah untuk meredam konflik kepanjangan ini,” tambahnya.
(hul)

happy wheels

Tinggalkan Balasan

Berita Sebelumnya:
pajak ilustrasi
Warganya Hobi Kuliner, Pajak Restoran Bekasi Capai Rp110 M

Close