Ratusan Angkot di Karawang Tak Layak Jalan

angkot

KARAWANG,TVBERITA.COM- Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang mencatat ada 1350 unit armada yang saat ini beroperasi, namun dari jumlah tersebut sekitar 650 angkutan umum yang tidak layak pakai.

“Lebih dari 50 persen angkutan umum di Karawang tidak layak jalan,” kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Dede Sudrajat, kepada KORAN BERITA (Group TVBerita.com), Selasa (30/9).

Dede menjelaskan, menjelaskan dari sekitar 650 unit angkutan yang  tidak layak jalan disebabkan  usia kendaraan yang sudah berusia lanjut. Namun dalam hal ini pihaknya tidak memungkiri masih banyaknya angkutan umum yang dinilai tidak layak jalan namun tetap beroperasi.

“Yang tidak layak itu karena usia kendaraan sudah 15 tahun beroperasi. Kita menyadari masih kurangnya dan lemahnya pengawasan sehingga sulitnya membendung armada angkutan yang tidak layak jalan. Secara normatif sudah diatur dalam perda propinsi Jawa Barat no 3 tahu 2011 tentang penyelenggaraan perhubungan,” paparnya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya belum berencana memberikan izin penambahan trayek angkutan kota (Angkot) hal itu dikarenakan saat ini Dinas Perhubungan tidak dapat mengeluarkan izin trayek. Untuk jumlah angkot yang beroperasi di kabupaten Karawang sekarang ini, terang Dede untuk melayani 22 trayek aktif dengan rute yang berbeda.

“Jumlah trayek itu semunya aktif. Saat ini perizinan trayek ada di BPMPT, kalau Dishub hanya rekomendasi saja. Dengan jumlah angkot sebanyak itu, tidak semuanya yang masih terisi, namun saat ini kondisinya mulai jenuh,” kata Dede.

Meskipun demikian, Dede mengingatkan, kepada pemilik angkot untuk melakukan peremajaan angkot yang dimilikinya. Selain itu, pihaknya juga meminta diperketatnya uji atau KIR kendaraan semata-mata hanya untuk keselamatan.”Selain peremajaan, uji KIR juga harus diperketat sehingga kendaraan yang tidak jalan tidak dapat beroperasi lagi,” ungkapnya.
(ian)

happy wheels

Tinggalkan Balasan

Berita Sebelumnya:
PHTO0005.JPG
Empat Orang Terbakar Akibat Ledakan Gas 3 Kg

Close