ADVERTORIAL: Dukungan kepada pasien kanker payudara

mahani@bh.com.my

SETIAP tahun, Oktober disambut sebagai bulan kesadaran kanker payudara.

Tidak terkecuali Yayasan Sime Darby dan Yayasan Penelitian Inisiatif Kanker (CARIF) juga menyediakan berbagai program TERKAIT dengan cara tersendiri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjalani pengobatan awal penyakit tersebut.

Pada saat sama, sejak lima tahun lalu, Yayasan Sime Darby menganjurkan Sime Darby Ladies Professional Golf Association (LPGA) Malaysia untuk mengumpulkan dana bagi menjalankan program dan penelitian terkait penyakit kanker payudara.

Dengan bertema Women With Drive, kejuaraan Sime Darby LPGA Malaysia tahun ini, sekali lagi menyoroti peran CARIF khususnya menyemarakkan semangat tentang pentingnya kesadaran tentang kanker payudara, mammogram dan pengobatannya.

Interaksi dengan pakar

Ini karena terlalu banyak tabu, stigma penyakit yang membuat banyak penderita kanker hanya berserah pada takdir tanpa usaha merawatnya.

Melalui inisiatif itu, The Amazing Raise, menyaksikan usaha kedua Yayasan itu menyelenggarakan program besar yang ditargetkan di dua lokasi di Lembah Klang.

Program itu memungkinkan masyarakat berinteraksi dengan spesialis untuk mendapatkan informasi dan sebagainya tentang penyakit kanker payudara, selain berbagai kegiatan terkait.

Sabtu lalu, pengunjung diberi kesempatan mempelajari mini atau stimulator golf, bergambar di gerai foto CARIF, sesi perawatan kuku tangan dan kaki selain peluang memenangkan undian.

Selebriti berbagi cerita

Selebriti berbagi cerita

Sementara itu, program serupa juga akan diadakan di The Bee, Mall Publika di Solaris Dutamas esok yang turut disertai oleh Duta Resmi Sime Darby LPGA Malaysia tahun ini, kepribadian televisi, Daphne Iking dan presenter radio swasta terkenal, Patricia Knudsen .

Daphne mengatakan, program itu memberikan pengalaman baru sambil memahami dan menambah ilmu tentang penyakit kanker payudara secara mendalam.

“Banyak wanita khawatir tentang kanker payudara hingga menyebabkan mereka enggan melakukan pemindaian mammogram dan pemeriksaan sendiri setiap bulan.

“Kita harap wanita lebih memahami kanker dan kita berusaha membantu mereka bangkit untuk melanjutkan perjuangan hidup. Saya mendukung kampanye itu yang diadakan di lokasi fokus ramai. Gunakan kesempatan ini untuk membuat pemeriksaan gratis,” katanya.

Patricia mengatakan, Sime Darby LPGA Malaysia yang akan berlangsung pada 9 hingga 12 Oktober ini akan memberi kesempatan masyarakat dan seluruh keluarga mengikuti berbagai program samping.

Program bermanfaat seperti Ladies Day (10 Oktober), Pink Friday (11 Oktober) dan Hari Keluarga (12 Oktober) adalah kegiatan sehat yang patut disertai.

“Turnamen golf ini akan memberikan sesuatu yang berbeda karena dihadiri oleh banyak selebriti lokal sambil kita menghayati musik dan permainan secara santai.

“Tidak peduli Anda pemain golf atau tidak, mari kita meriahkan kegiatan esok sebagai tanda dukungan kepada pasien kanker payudara,” katanya.

Dana bantu golongan kurang kemampuan

Sementara itu, CEO CARIF, Prof Dr Teo Soo Hwang berkata, “CARIF yang didirikan sejak tahun 2005 telah melaksanakan berbagai program hasil kutipan dana sebesar RM2 juta melalui turnamen serupa sebelumnya.

“Diantaranya, Program Nagivasi Pasien atau lebih dikenal Pink Ribbon Centre dibuat di Rumah Sakit Tengku Ampuan Rahimah (HTAR), Klang.

“Dengan adanya pusat itu, ia dapat membantu masyarakat yang kurang beruntung dan kurang mampu untuk menjalani pemeriksaan awal kemungkinan menderita kanker payudara. Pemeriksaan awal bisa menyelamatkan nyawa mereka.

“Dana ini juga diharapkan mampu mewujudkan tujuan membuka lebih banyak Pink Ribbon Centre di rumah sakit yang sama untuk membantu orang yang berisiko menderita kanker ini,” katanya.

Teo mengatakan, ketakutan wanita untuk menjalani pemeriksaan juga berkontribusi terhadap jumlah kematian pasien di Malaysia yang lebih tinggi dibandingkan Korea dan Singapura.

Informasi lebih lanjut tentang tersedia di situs web www.simedarbylpgamalaysia.com dan InstagramSimeDarbyLPGA serta Facebook di www.facebook.com/SimeDarbyLPGAMalaysia .

happy wheels

Tinggalkan Balasan

Berita Sebelumnya:
Alih fungsi lahan makin tak terbendung.
Hadapi Pasar ASEAN, Pemerintah Harus Bagi Lahan ke Petani

Close